Otomatis Menandai Kata yang Sama pada MS Office Excel

otomatis-menandai-kata-yang-sama-pada-ms-office-excel

Otomatis Menandai Kata yang Sama pada MS Office Excel - Microsoft (MS) Office excel menjadi pilihan terbaik dalam mengelolah data yang sangat banyak. Saking banyaknya biasanya dapat membuat stress seseorang. Belum lagi terdapat data yang tidak sinkron, rumus yang error, nilai yang selisih, dan lain-lain. 

Proses pembuatan ata penginputan data akan sangat melelahkan jika tidak dibantu dengan beberapa rumus yang telah disiapkan oleh MS Office Excel. Salah satu contoh misalnya jika sobat ingin mencari otomatis kata atau data yang sama didalam data tersebut. Jika didata berisi 20 sampai 30 baris mungkin masih mampu untuk mencari dengan cara manual atau bisa juga dengan cara short dan filter. 

Namun yang kita inginkan adalah kata atau data tersebut langsung terdeteksi otomatis disaat sobat sedang mengetik dan memberi tanda bahwa kata atau data itu sudah ada sebelumnya. 

Kali ini admin akan berbagi bagaimana cara otomatis menandai kata yang sama pada MS Office Excel. Simak selengkapnya berikut ini. 

Buka Aplikasi MS Office Excel, lalu buat format kolom sesuai keinginan sobat. Setelah format kolom dibuat, sobat blok salah satu kolom (bisa juga lebih dari satu kolom) yang akan dibuat otomatis jika ada kata yang sama. Caranya perhatikan gambar berikut. 

otomatis-menandai-kata-yang-sama-pada-ms-office-excel
Pada contoh gambar diatas kita akan mencari tahu nilai mana yang sama angkanya pada kolom E. Selanjutnya blok kolom E lalu pilih Conditional Formating lalu pilih Highlight Cell Rules lalu pilih Duplicate Value (Seperti gambar dibawah).

otomatis-menandai-kata-yang-sama-pada-ms-office-excel

Setelah diikuti semua petunjuk diatas, sobat akan dimunculkan jendela seperti gambar dibawah. Kotak merah pada gambar dibawah adalah pilihan jika sobat menginginkan warna lain pada kata atau data yang ditemukan sama. Jika Sobat ingin merubah warnanya silahkan masuk ke sini "Cara Merubah Warna pada Menu Duplicate Values".

Contoh kali ini admin menggunakan warna default bawaan dari excel warna merah buram. 

otomatis-menandai-kata-yang-sama-pada-ms-office-excel

Hasil akhir terlihat bahwa pada kolom E diatas yang berwarna merah buram menunjukan adanya nilai sama.

So…Sobat akan sangat terbantu jika sedang mengerjakan tugas data yang sangat banyak, tanpa perlu difilter atau dishort. Cari ini sangat efektif digunakan untuk mendeteksi otomatis kata atau data yang sama.

Selamat Mencoba… 

Sekian dan Salam Blogger.


No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel