4 Cara Ajaib Mengamankan Akun Whatsapp

4 Cara Ajaib Mengamankan Akun Whatsapp - Whatsapp menjadi aplikasi messenger paling populer didunia, tercatat pengguna aktif 1,5 milyar (sumber : kompas.com). Selain menggunakan nomor handphone sebagai PIN, whatsapp messenger juga sangat userfrendly digunakan, karena alasan itulah aplikasi buatan Brian Acton & Jan Koum sangan digemari.

Pembahasan kali ini adalah cara mengamankan akun whatsapp agar tidak disalah gunakan oleh orang lain. Cara ini tanpa aplikasi tamabahan, murni setelan bawaan whatsapp messenger.

Langsung ke materi, silahkan simak tutorial berikut ini.

1. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Cara ajaib yang pertama adalah mengaktifkan verifikasi dua langkah, dengan menambahkan PIN. Caranya cukup mudah masuk ke aplikasi whatsapp sobat pilih tiga titik pojok kanan atas lalu pilih setelan, lihat gambar berikut.



- Pilih akun


- Pilih verifikasi dua langkah


- Pilih aktifkan
- Masukan enam digit
- Masukan konfirmasi PIN anda (sama dengan PIN pertama)


- Tambahkan alamat email anda (email aktif & ingat password)


- Masukan email lagi


- Selesai.


2. Gunakan Email

Cara ini sudah masuk ke proses aktifkan verifikas dua langkah. Pastikan email bisa dibuka atau memiliki passwordnya. Tujuannya untuk proses aktifasi atau menyatakan bahwa email yang sobat masukan benar milik sobat.

3. Logout Saat Menggunakan Whatsapp Web

Maksud dari cara ini adalah ketika sobat menggunakan whatsapp lewat laptop/PC dan sobat tidak lakukan logout setelah menggunakan fitur ini, maka whatsapp web akan tetap aktif. Celakanya kalo kita menggunakan Laptop/PC bukan milik kita, bisa saja akun sobat disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Berikut contoh logout whatsapp web.


Tipsnya…selalu cek notifikasi di handphone, selalu akan muncul di perangkat sobat jika wtahsapp web sedang aktif, seperti gambar berikut (tanda panah merah).



4. Tidak Sembarang klik Link Tautan dari Broadcast

Jika sobat menerima broadcast dari teman dan biasanya berisi informasi dan dalam pesan tersebut ada link aktif (bisa diklik) dan diminta untuk diklik lalu mengarah ke situs/website lain, disitu sobat diminta memasukan nomor atau email atau informasi pribadi kita. Berikut contoh broadcast mengandung link aktif (perhatikan kotak merah)..


Bahkan ada beberapa situs/web yang sengaja mengulur waktu sobat berada di situs/website tersebut, tujuannya agar si pemilik situs/website memiliki waktu mengambil IP, Mac Address dan atau melacak jalur jaringan yang kita gunakan.

Ada juga cara lain yaitu menyarankan sobat untuk mendownload aplikasi, dimana aplikasi tersebut sudah terselip malware, setelah sobat download aplikasi tersebut dan kita pasang lalu mengendap di system perangkat sobat, tujuan sebenarnya adalah untuk mendeteksi semua aktifitas sobat saat menggunakan handphone tanpa sobat sadari.

So...jangan dulu terburu-buru klik link nya, cari tahu dulu apakah link aktif ini benar atau hoax ataupun hanya umpan. Sebaiknya di search dulu ke Omgoogle, dianalisa apakah informasi ini benar.


Seperti slogan media-media Indonesia “Bijaklah dalam Membaca Sebuah Informasi”. Jangan pula langsung di forward/diteruskan ke group sobat sebelum dianalisa kebenarannya.

Video Cara Amankan Akun Whatsapp dengan Verifikasi Dua Langkah:




Demikian tips 4 Cara Ajaib Mengamankan Akun Whatsapp, semoga dapat bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini. Sekian dan wasalam…

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel