Tips Membuat Ringan RAM Android Tanpa Aplikasi

tips-membuat-ringan-ram-android-tanpa-aplikasi

Tips Membuat Ringan RAM Android Tanpa Aplikasi - Sangat menjengkelkan ketika kita sedang menggunakan handphone pada posisi buru-buru namun handphone lemot atau bahkan stag tidak berfungsi touchnya. Dalam kondisi ini biasanya handphone terasa hangat digenggam karena RAM bekerja keras untuk menuntaskan perintah yang diinginkan oleh user.

Admin punya tips agar kondisi ini bisa diminimalkan. Tips ini admin dapatkan dari pengalaman sendiri. Dengan alasan berbagi admin buat artikel ini, semoga saja bisa bermanfaat bagi sobat sekalian. 

Untuk membuat lega atau ringan RAM Android, pertama-tama yang harus dilakukan adalah: 

1. Jangan Instal Aplikasi Tidak Penting Bagi Sobat 

Misalnya saja sobat adalah seorang hard gamer namun di hp sobat banyak terdapat aplikasi pembaca dokumen seperti PDF, Excel, Word dan lain-lain. 

Kalau handphone sobat tidak sering di konekan dengan PC atau komputer tidak perlu menginstal anti virus. Karena anti virus sangat membebani RAM merayapi semua aplikasi melakukan scaning untuk mencari v1rus. apalagi handphone yang standar kebawah itu sangat terasa bebannya.

2. Selalu Menutup Aplikasi Setelah Digunakan

Biasanya ketika kita sudah menggunakan aplikasi dan setelah kita keluar, aplikasi yang terbuka tadi masih berada dibalik layar dan itu sangat membebani RAM. Caranya sangat mudah cukup tampilkan semua aplikasi sudah dibuka tadi lalu hapus semua. Seperti gambar dibawah.

tips-membuat-ringan-ram-android-tanpa-aplikasi


3. Hapus Riwayat Aplikasi

Semua aplikasi pada handphone selalu menyimpan data setelah kita membukanya. Untuk menghapusnya sobat masuk ke pengaturan cari menu aplikasi lalu pilih salah satu aplikasi cari menu penyimpanan (masing-masing merk handphone bisa berbeda) atau memori atau riwayat lalu hapus memorinya. Seperti Gambar dibawah.

tips-membuat-ringan-ram-android-tanpa-aplikasi


4. Rutin Cek RAM

Untuk melakukan pengecekan RAM masuk ke menu pengaturan pilih pemeliharaan perangkat lalu pilih memory >>> pilih bersihkan memory (jika terbaca aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang handphone). Perhatikan lingkar kuning gambar dibawah.

tips-membuat-ringan-ram-android-tanpa-aplikasi

5. Hapus Histori atau Riwayat Browser

Jangan lupa selalu menghapus riwayat browser setelah kita menggunakannya. Caranya masukan ke browser sobat, cari menu pengaturan atau setelah pilih histori atau riwayat hapus semua situs yang sudah pernah dibuka selama ini. Cek gambar dibawah ini

tips-membuat-ringan-ram-android-tanpa-aplikasi
                 Gambar 1                         Gambar 2

6. Istrahat-kan Handphone

Sama halnya manusia, handphone butuh istrahat menutup layar sejenak. Biarkan RAM mendinginkan diri. Ini bisa dilakukan saat recharging selain berfungsi mendinginkan mesin juga agar maksimal saat recharge. Jadi RAM enteng batterai cepat full.

Sekian artikel Tips Membuat Ringan RAM Android Tanpa Aplikasi, silahkan komen pada kolom komentar dibawah. Terima Kasih telah berkunjung.

Selamat Mencoba…

Dan Salam Blogger :)

Video Berikut...Cara Scan Dokumen pakai Hape, Ijazah, KTP, KK, dll.


No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel