13 Point Penting Membuat Surat Lamaran Kerja

13-point-penting-membuat-surat-lamaran-kerja

Membuat surat lamaran kerja pada lembar microsoft word harus hati-hati, salah membuat bisa membuat minus penilaian. Untuk pendaftaran CPNS memang sudah disiapkan filenya. Untuk jalur swasta biasanya Anda harus membuat sendiri, tidak salah untuk menambah wawasan Anda dalam membuat resume, sebaiknya simak pembahasan 13 Point Penting Membuat Surat Lamaran Kerja berikut ini.

1. Mengatur Lembar Kerja Word

Atur lembar kerja Anda sebelum lebih jauh melakukan edit. Caranya pilih Page Setup pada Page Layout lalu buat pengaturan. Untuk lembar kertasnya pilih A4, pengaturan untuk Top/atas 3 cm, Bottom/bawah 3 cm, left/kanan 4 cm dan right/kiri 2. Perhatikan gambar dibawah lalu pilih OK. Untuk lebih lagi silahkan Baca Cara Mengatur Ukuran Kertas MS Word.

13-point-penting-membuat-surat-lamaran-kerja


2. Perhatikan Font yang Digunakan

Cukup krusial agar Resume Anda tidak membosankan ketika dibaca oleh calon pimpinan Anda, untuk itu pilihlah font atau jenis huruf yang disarankan. Banyak font yang telah tersedia di word namun beberapa diantaranya tidak disarankan digunakan karena beberapa alasan salah satu membosankan, terkesan biasa saja dan tidak profesioanal. Anda bisa bisa pilih font yang berbayar seperti Helvetica, ini lebih profesional, namun jika Anda tidak mau repot pilih saja yang gratis seperti Garamond & Arial. Ukuran fontnya gunakan 11 atau 12, ini lebih baik karena tidak kecil juga tidak terlalu besar.

Isi paragraf posisinya harus rapi atas bawah kiri dan kanan. Agar posisi kiri kanan paragraf terlihat rata gunakan justify, caranya blok paragrafnya lalu tekan Ctrl+J pada keyboard.

3. Perhatikan Penulisan Tanda Baca

Sebaiknya Anda harus benar-benar paham tentang penulisan tanda baca di semua kalimat dan paragraf, seperti titik, koma, kurung, titik dua, garis datar, garis bawah dan lain-lain. Untuk lebih jauh tentang penulisan tanda baca silahkan masuk ke "Penggunaan Tanda Baca: Titik, Koma, Titik Dua, dan Titik Koma".

4. Perhatikan Spasi

Sama pada point 2, agar tidak membosankan ketika dibaca spasi sebaiknya tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat spasi antar kalimat dalam paragraf. Untuk spasi antar kalimat sebaiknya gunakan spasi 1.5 (gambar 1) dan spasi antar paragraf gunakan spasi auto saja baik after maupun before spasi (gambar 2).

13-point-penting-membuat-surat-lamaran-kerja


5. Perhatikan Tanggal dan Penempatannya

Jangan sampai Surat Lamaran Anda terdeteksi expired, ini bisa menghilangkan kesan serius kepada Anda. Penempatan tanggal sebaiknya di sebelah kanan atas. Pada surat-surat resmi kebanyakan penempatan tanggal berada disebelah kanan atas. (Lihat gambar dibawah).

13-point-penting-membuat-surat-lamaran-kerja


6. Penulisan Kepada Yang Terhormat (Yth)

Penulisan kepada yang terhormat sebaiknya disebelah kiri surat atau disebelah kanan Anda. Jangan lupa tulis kepada siapa tujuan surat lamaran Anda, nama posisi atau jabatan bukan nama seseorang.


7. Gunakan Lamipran

Penulisan lampiran sangat penting, jika Anda menggunakan beberapa dokumen pendukung pada surat lamaran Anda. Dokumen yang dimaksud seperti foto copy KTP, foto copy ijazah, foto copy sertifikat dan lain-lain. (Lihat gambar dibawah).

13-point-penting-membuat-surat-lamaran-kerja


8. Gunakan Perihal Surat

Jangan sampai surat Anda dianggap surat meminta sumbangan, untuk itu gunakan perihal agar maksud dan tujuan surat Anda jelas. (Lihat Gambar diatas).

9. Gunakan Tanda Baca Koma pada kalimat Dengan Hormat

13-point-penting-membuat-surat-lamaran-kerja

Hal kecil yang kerap diabaikan yaitu penggunaan tanda baca, tanda baca koma pada kalimat dengan hormat memberikan makna bahwa ucapan Anda tidak berhenti sampai disitu namun bersambung dan kalimat sambungannya berada dibawah, yang mana tujuannya adalah rasa hormat penulis kepada pembaca tidak terganggu dengan kalimat lain.

10. Isi Biodata dengan Lengkap

Lengkapi biodata Anda dengan jelas yang dianggap sangat penting, seperti: nama lengkap, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, agama, alamat lengkap, pendidikan terakhir, email, nomor telpon.

11. Tulis Posisi yang diinginkan

Tulis dengan benar posisi yang hendak Anda lamar, berikan kode formasi jika memang dibutuhkan, tujuannya tak lain untuk memudahkan mengidentifikasi ketika surat Anda telah masuk ke meja redaktur atau bagian HRD. Jangan lupa pada amplop surat lamaran Anda sebaiknya tulis kode formasi yang Anda inginkan.

12. Buat Daftra Lampiran Berkas

Buat list semua lampiran yang Anda masukan ke dalam map atau amplop surat, sesuai dengan jumlah dokumen yang Anda masukan pada point 7 diatas.

13. Tutup dengan Permohonan

Pada paragraf terakhir buat kalimat permohonan yang mendalam dan menarik perhatian pembaca agar bisa diterima, ucapkan pula terima kasih karena surat lamaran Anda telah diterima dan dibaca dengan baik.

Itulah ulasan mengenai 13 Point Penting Membuat Surat Lamaran Kerja, semoga apa yang Anda harapkan dapat terkabulkan. Amiin...Terima Kasih telah berkunjung ke blog kami.

Selamat Berjuang…

Salam Blogger…

1 Response to "13 Point Penting Membuat Surat Lamaran Kerja "

  1. 13 Point Penting Membuat Surat Lamaran Kerja - Ilink Dot Kom >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    13 Point Penting Membuat Surat Lamaran Kerja - Ilink Dot Kom >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    13 Point Penting Membuat Surat Lamaran Kerja - Ilink Dot Kom >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK 8t

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel