Laptop Ingin Awet? Begini Caranya!

cara-merawat-laptop-agar-awet-digunakan

Cara Merawat Laptop agar Awet Digunakan - Saya selalu mendapatkan pertanyaan kenapa laptop saya lambat, kenapa laptop saya cepat panas, keyboard tertindis, baterei cepat lowbet, lambat loading, dan lain sebagainya. 

Kita kadang mengabaikan hal kecil yang tanpa disadari itu bisa memicu semua masalah diatas. Seperti halnya penyakit yang datang kepada kita. Kitalah sendiri yang mengundang penyakit itu untuk datang kepada kita. Maksudnya adalah Laptop kita akan baik-baik saja jika tahu cara merawat laptop dengan baik dan benar. 

Banyak hal menyebabkan laptop cepat rusak dan semua itu bisa terjadi pada siapa saja. Jika semua keluhan diatas sudah terjadi bukan tidak mungkin sobat bisa membuatnya normal kembali. Tentu saja dengan cara diservis, sebaiknya sobat bawa ke master software dan hardware komputer untuk diservice dan diganti alatnya. 

Namun bagi sobat yang belum mendapatkan masalah diatas sebaiknya lakukan hal berikut agar laptop awet dan terhindar dari kerusakan software dan hardware. 

Pembahasan agar Laptop awet, kita bagi menjadi dua cara perawatan, yaitu Perawatan Hardware dan Perawatan Software. Simak Selengkapnya… 

1. Perawatan Hardware (Fisik) 

Perawatan hardware adalah perawatan yang mencakup fisik laptop. Agar laptop awet lakukan perawatan fisik laptop seperti layar, keyboard, baterai, kipas, mesin laptop, dan yang berbentuk fisik lainnya.

# Jangan On sambil di charg (Cas)

Kebiasaan menghidupkan laptop sambil dicas dapat menyebabkan baterai aus. Baterai laptop akan bekerja keras menerima dan membagi listrik ke mesin. Dan penggunaan yang terlalu lama akan menurunkan daya tampung baterai menurun. 

# Jangan Pakai laptop diatas kasur

Jangan biasakan memakai laptop diatas kasur, ini menyebabkan kipas pembuangan tidak mendapatkan sirkulasi dengan baik. Panasnya bisa saja kembali ke dalam mesin dan menyebabkan panas.

Gejala yang timbul biasanya putaran kipas laptop terdengar keras dan jika panasnya terlalu tinggi  (overhead) laptop akan tiba-tiba mati mendadak.

# Ketik Keyboard dengan Pelan

Jika sedang mengetik sebaiknya jangan terlalu ditekan alias alon-alon apalagi sengaja ditindis ini tidak disarankan. Bagian dalam keyboard terdapat karet, fungsi karet ini untuk menyentuh permukaan papan rangkaian.

cara-merawat-laptop-agar-awet-digunakan
Jika karetnya macet akan mengakibatkan tombol tidak bisa kembali lagi. Perlu dicungkil untuk mengatasinya agar normal. Sebaiknya sobat pelan-pelan mengetik jika laptop ingin awet.

# Hindari Benturan Benda Keras

Kesalahan ini pernah admin alami, ketika laptop disimpan didalam tas sedang naik motor. Tiba-tiba saja motor melewati jalan berlobang tentu saja tas yang berisi laptop terguncang dan mengenai sadel motor, kejadiannya terus berulang beberapa kali hingga sampai ditujuan. Tanpa sadar ternyata layar laptop menjadi bergaris akibat berbenturan dengan sadel motor. So..semaksimalkan mungkin selalu hindari benturan dengan benda keras. 

# Jangan langsung Menutup LCD

Sebaiknya setelah kita gunakan laptop jangan langsung menutup layar laptop apalagi saat sedang menyala, hawa panas yang menguap dari mesin bisa menyebabkan kerusakan pada layar.

cara-merawat-laptop-agar-awet-digunakan

# Gunakan Laptop Sewajarnya

Jangan terlalu lama menggunakan laptop, apalagi menjalankan aplikasi berat dalam waktu yang lama, seperti bermain game berat. Laptop diciptakan bukan untuk digunakan untuk pekerjaan berat dan lama, dikwatirkan laptop panas dan mengakibatkan komponen memuai dan rusak.

# Pakai Kipas Tambahan

Jika dalam keadaan terpaksa karena deadline pekerjaan yang padat, sebaiknya gunakan kipas bantuan untuk membantu mendinginkan laptop.

cara-merawat-laptop-agar-awet-digunakan
Kipas bawaan punya kemampuan terbatas untuk menjalankan fungsinya, jika sudah sampai 5-6 jam ke atas laptop akan mulai melambat ditandai dengan loading atau lambat merespon. Disarankan gunakan kipas duduk yang disimpan dibawah laptop.

# Bersihkan dari Debu

Buat jadwal rutin untuk selalu bersihkan luar dan dalam laptop (untuk yang masih dalam masa garansi jangan dulu dibersihkan bagian dalam). Membersihkan luar laptop bisa menggunakan kain halus atau kuas khusus, biar lebih maksimalkan belikan cairan khusus pembersih laptop.

cara-merawat-laptop-agar-awet-digunakan

Untuk bagian dalam jangan menggunakan cairan apapun, gunakan kain dan kuas untuk membersihkan debu yang menempel terutama pada kipas mainboard. Hawa panas yang muncul dari dalam biasanya karena kipas tidak bekerja secara maksimalkan.

# Bungkus dan Simpan Ditempat Aman

Setelah digunakan selalu membungkus laptop dengan tas khusus laptop agar terhindar dari cairan dan debu, hindari sinar matahari langsung, tidak menyimpan ditempat yang basah dan jauhkan jangkauan dari anak-anak.

2. Perawatan Software

Perawatan Software mencakup perawatan program aplikasi yang tersemat di sistem laptop sobat. Berikut ini perawatan yang bisa dilakukan agar Laptop awet dan tidak loading.

# Off-kan lewat Shutdown

Jangan matikan lapotop seperti mematikan TV, selalu shutdown jika ingin mematikan. Banyaknya aplikasi yang berjalan dilatar belakang laptop dapat membuat blank karena dimatikan secara mendadak. Semua aplikasi tersebut butuh waktu persekian detik untuk dihentikan.

# Gunakan Antivirus

Gunakan anti virus untuk menangkal semua malware yang masuk ke laptop. Jangan lupa untuk selalu diupdate antivirusnya. Sebaiknya rutin lakukan scanning pakai antivirus, kali saja ada virus yang mengendap di system laptop sobat. Sebaiknya pakai antivirus bawaan microsoft seperti Microsoft Security Essential (untuk windows 7 dan Vista) dan Windows Defender (windows 8 keatas).

Disarankan pakai Antivirus Local seperti Smadav gandeng dengan anti virus bawaan windows, itu lebih baik.

# Bijak menggunakan Internet

cara-merawat-laptop-agar-awet-digunakan

(1) Membuka situs yang mengandung malware dapat berakibat fatal pada system laptop, apalagi sampai melakukan klik untuk diarahkan ke proses download. Tipsnya jika sedang browsing dan membuka salah satu situs, situsnya mengarahkan dan memaksa kita melakukan download, sebaiknya hindari dan langsung tutup situs tersebut.

(2) Jika Sobat mendapatkan email yang tidak dikenal dan mengarahkan kita untuk melakukan klik pada tautan/link yang dikirimkan sebaiknya jangan diklik dan segera hapus email tersebut.

# Jangan Instal Aplikasi yang tidak Penting

Hindari memasang aplikasi yang tidak penting, banyak admin temukan laptop yang terpasang aplikasi yang sebenarnya tidak mendukung kinerja windows malah tambah memberatkan. Tujuannya hanya agar telihat keren, keren tapi laptop loading, kembali lagi kepada masing-masing karena sobat sendiri yang menentukan.

# Jangan menghapus File Sistem

Sistem laptop biasanya tersemat di Drive C, jangan sekali-kali menghapus salah satu file yang ada didalam drive C.

cara-merawat-laptop-agar-awet-digunakan


Jika salah satu file terhapus akan berakibat pada malfungsi sistem laptop.

# Bersihkan Hardisk Secara Berkala

Semua file yang sudah sobat gunakan dan dihapus, itu masih tetap membebani space hardisk. Untuk membersihkannya sangat gampang, bisa pakai Aplikasi dan tidak pakai aplikasi Pakai aplikasi bisa pakai Ccleaner dan tidak pakai aplikasi alias bawaan windows gunakan disk cleanup atau recycle bin.

(1) Sobat ke drive C lalu klik kanan pilih properties lalu pilih Disk Cleanup ikuti prosesnya. Centang semua file yang ingin dihapus lalu pilih Ok. Jika muncul peringatan “Are you sure you want to permanently delete these files” pilih delete.

cara-merawat-laptop-agar-awet-digunakan

Sobat bisa juga bisa ke recycle bin, caranya klik dua kali icon recycle bin yang di desktop lalu hapus semua file sampahnya.  semua file yang ada disini adalah file yang pernah dihapus lalu mengendap di recycle bin.

(2) Pakai Aplikasi seperti Ccleaner. Unduh dan install aplikasi CCleaner lalu jalankan aplikasinya. Centang pada bagian-bagian yang ingin dibersihkan. Klik tombol Analyze untuk melakukan analisis.

cara-merawat-laptop-agar-awet-digunakan

Setelah selesai menganalisa semua file di harddisk, klik tombol Run Cleaner untuk menghapusnya.

Terakhir, perlakukan laptop sobat seperti makhluk hidup dengan cara melakukan hal-hal yang disebutkan diatas agar laptop awet dan tahan hingga akhir hayatnya.

Sampai disini dulu artikel Cara Merawat Laptop agar Awet Digunakan. Terima kasih telah berkunjung dan Selamat mencoba!

Salam Blogger:)

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel