Rahasia Mengamankan Data di HP Android - Google Drive


Rahasia Mengamankan Data di HP Android - Ketika sudah berganti HP, banyak sekali orang yang kelimpungan saat mencari data mereka di handphone barunya. Paling umum yang hilang adalah nomor kontak dan gambar. Admin sendiri sering mengalami masalah ini berkali-kali. Sampai akhir admin menemukan cara ampuh. Ini semua berkat fiturnya bapaknya Android yakni Google.

Fitur Penyimpan data buatan android ini disebut dengan google drive. Pada semua handphone besutan android pasti telah disematkan aplikasi yang satu ini. Sangat membantu bagi sobat yang sering gonta ganti handphone. Pada handphone baru sobat hanya perlu memasukan akun google sobat berekstensi gmail, maka semua data sobat yang sudah pernah dibackup ke akun ini akan bisa muncul di handphone baru.

Nah, artikel kali ini akan membahas Rahasia mengamankan data di HP Android. 

1. Siapkan Akun Google

Seperti yang disinggung diatas hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan akun google sobat, berekstensi gmail. Jika belum memiliki akun gmail silahkan baca artikel Cara Cepat Mendaftar Akun Gmail di HP tanpa Verfikasi Nomor HP.


2. Siapkan Aplikasi Drive

Sobat bisa download di Play Store dengan mengetik google drive seperti gambar berikut. 



3. Atur Setelan Drive

Setelah didownload aplikasi drive akan otomatis membaca akun gmail yang sobat pakai di HP android, Silahkan sobat masuk ke aplikasi drive. Sebelum digunakan aplikasinya, sebaiknya disetting dulu. Cara setingnya masuk ke google drive klik tiga garis data disebelah kiri sobat.



Muncul tampilan baru scroll ke bawah cari dan pilih setelan. Lalu akan muncul tampilan setelan (lihat gambar).


  • Pilih “Otomatis Tambahkan” jika sobat menginginkan semua foto dicadangkan ke drive. Setiap foto yang yang masuk ke memory akan otomatis di backup ke drive.
  • Pilih “Cadangkan dan Setel Ulang” jika sobat menginginkan membackup semua aplikasi yang di handphone sobat. (Sebaiknya cara ini dilakukan jika sobat sudah benar-benar ingin mengganti handphone).
  • Pilih transfer file hanya melalui Wi-Fi >> jika sobat menginginkan backup data hanya dilakukan jika sedang tersabung jaringan Wi-Fi hidupkan pilihan ini dan matikan pilihan ini jika backup ingin menggunakan jaringan seluler. 

Note : Sebaiknya hidupkan pilihan ini agar bisa menghemat kuota internet seluler, jadi jika ada data/file yang sedang dibackup, prosesnya akan terpending/dijedah dan akan terupload jika sudah tersambung Wi-Fi. 

4. Setting Otomatis

Klik icon tambah jika sobat ingin menambahkan manual file yang ingin dibackup. Buat setting otomatis agar otomatis dibackup jika sedang terhubung ke jaringan wi-fi.

Selamat Belajar.

Simak Video Cara Menyadap Akun Whatsapp yang benar dan aman...



Sampai disini ada yang mau ditanyakan, silahkan sobat tanyakan di kolom komentar dibawah. 

Demikian pembahasan mengenai Rahasia Mengamankan Data di HP Android, terima kasih telah berkunjung. Wasalam 

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel