Ini Dia 31 Fitur Canggih Andorid 10

Terbaru Ini Dia 31 Fitur Canggih Andorid 10 - Android 10 resmi dirilis oleh google pada bulan september 2019 lalu, apakah sobat sudah tahu apa saja fitur-fiturnya. Tentunya banyaklah perbedaan yang signifikan dari versi-versi sebelumnya. 

Dikutip dari laman resmi Android (android.com) Berikut ini fitur baru dari android 10. 

#1 FITUR AKSESBILITAS

Live Caption 

Saat merekam sobat bisa langsung memberikan caption pada video, audio atau gambarnya, sekalipun tanpa akses imternet. Hanya dengan satu ketukan, Live Caption secara otomatis memberi caption pada video, podcast, dan pesan audio. 

Heairing Aid Support 

Memiliki dukungan bawaan untuk streaming media dan panggilan langsung ke alat bantu dengar. Menggunakan energi rendah bluetooth sehingga Sobat dapat streaming sepanjang waktu. 

Live Transcribe 

Memiliki fitur transkripsi suara super cepat, bahkan hanya ketika seseorang bertepuk tangan, suara hewan, seseorang bersiul, dan banyak lagi. Fitur ini sangat cocok bagi sobat difabel tunarungu. 

Sound Aplifier (Penguat Suara) 

Fitur ini membantu sobat saat berada ditengah kebisingan, memberikan pengalaman tetap terdengar dengan baik atas suara yang sedang didengarkan, misalnya saat mendengar musik atau sedang menelpon. 

Accessibility Timeouts (Batas Waktu Aksesibilitas) 

Memberikan sobat akses yang sangat simple ketika mengakses panel pengaturan, kontrol volume dan lain sebagainya. 


#2 KAMERA 


HEIF Imaging (Gambar HEIF) 

Format gambar HEIF adalah format gambar efisiensi tinggi namun ukuran file rendah. Ini merupakan fitur baru pengganti JPEG. Memungkinkan size rendah namun kualitas jepretan terjamin.

Monochrome camera support (Dukungan kamera monokrom) 

Dukungan jenis kamera baru yang memungkinkan pengembang aplikasi untuk mendapatkan output monokrom secara asli pada perangkat yang mencantumkan kemampuan ini. 

Perbaikan privasi 

Fitur kemera sobat bisa jadikan privasi, beberapa karakteristik kamera sekarang memerlukan izin kamera sebelum diakses. 

Konfigurasi aliran yang disarankan 

Pengembang akan dapat mensurvei konfigurasi aliran yang lebih disukai pada perangkat yang mencantumkan kemampuan ini. 

Kerangka kerja kamera aman 

Memungkinkan produsen ponsel untuk mengangkut frame kamera dengan cara yang aman. 


#3 DIGITAL WELLBEING 

Digital Wellbeing & Kontrol Orangtua 

Menjaga kebersamaan di dunia digital & kontrol orang tua dengan mudah dalam menu Pengaturan ponsel Sobat untuk menciptakan dan mempertahankan kebiasaan digital yang sehat untuk seluruh keluarga. 

Pengatur waktu situs 

Selain mengatur penghitung waktu aplikasi, Sobat dapat melihat bagaimana Sobat menghabiskan waktu dan menetapkan batas harian untuk masing-masing situs web. Semua dalam dashboard Digital Wellbeing yang sama. 

Mode fokus 

Jika tidak ingin di ganggu saat sedang bekerja dan meminimalkan gangguan. Aktifkan mode Fokus dengan satu ketukan untuk menjeda aplikasi yang telah Sobat pilih. 


#4 INTERPRISE 

Alat penyediaan yang ditingkatkan untuk profil pekerjaan 

Sobat sekarang dapat menyediakan langsung ke profil kerja, fitur ini bisa langsung dari wizard pengaturan. Mengelolah semua profil yang berhubungan pekerjaan perusahaan. 

Metode input terpisah untuk pekerjaan dan pribadi 

Sobat menggunakan keyboard favorit Sobat di profil pribadi, juga dapat menginput terpisah dengan profil kerja. Hebatnya kedua pekerjaan tersebut dapat dilakukan bersama-sama. 


#5 PESAN & BERBAGI 

Tindakan yang disarankan dalam pemberitahuan 

Android 10 ini dapat menghasilkan balasan dan tindakan yang disarankan untuk semua pemberitahuan pengiriman pesan. Dan pengembang akan dapat memilih keluar atau memberikan saran mereka sendiri. 

Emoji baru 

Android 10 memperkenalkan 65 emoji baru, termasuk desain inklusif gender untuk emoji seperti potong rambut, angkat besi, dan sauna. 

Bagikan Wi-fi 

Sobat dapat membagikan detail Wi-Fi Sobat dengan orang lain hanya dengan kode QR sambil menjaga keamanan kata sandi Sobat.

System Share Ditingkatkan 

Sekarang lebih cepat dan lebih mudah untuk berbagi konten dari aplikasi dengan kontak Sobat. Sobat juga dapat melihat pratinjau konten sebelum mengirimnya. 


#6 PERFORMA 

Peningkatan Baterai Adaptif 

Diluncurkan di Android 9, fitur ini menggunakan pembelajaran mesin untuk memprediksi aplikasi mana yang akan Sobat gunakan dalam beberapa jam ke depan dan yang kemungkinan besar tidak akan Sobat miliki, jadi ponsel Sobat hanya menghabiskan daya baterai pada aplikasi yang Sobat pedulikan. 


#7 KEAMANAN & PRIVASI 

Kontrol dan pengingat lokasi baru 

Sobat sekarang memiliki kontrol lebih besar atas bagaimana, atau jika, data lokasi Sobat dibagikan. Saat suatu aplikasi meminta izin untuk mengakses informasi lokasi Sobat, kini Sobat dapat memberikannya akses setiap saat, saat aplikasi sedang digunakan, atau menolak aksesnya. Jika suatu aplikasi memiliki akses ke data lokasi sepanjang waktu, maka Android akan mengingatkan Sobat dengan pemberitahuan satu kali. Ingin mengubah akses itu? Cukup buka pengaturan Sobat. 

Layanan Lokasi Darurat Android 

Android membantu menjaga Sobat tetap aman ketika situasi mendesak terjadi. "ELS" dapat mengirim lokasi yang disempurnakan secara langsung dari handset Android ke layanan darurat ketika panggilan darurat dilakukan. 

Pembaruan sistem Google Play 

Perangkat Android sudah mendapatkan pembaruan keamanan rutin. Dan di Android 10, Sobat akan mendapatkannya lebih cepat dan lebih mudah. Dengan pembaruan sistem Google Play, perbaikan Keamanan dan Privasi yang penting sekarang dapat dikirim langsung ke ponsel Sobat dari Google Play, sama seperti semua pembaruan aplikasi lainnya. Jadi, Sobat mendapatkan perbaikan ini segera setelah tersedia. 

Pengaturan Privasi

Sobat sekarang dapat melihat dan mengontrol semua pengaturan privasi Sobat - dari Izin Aplikasi ke Web & Aktivitas Aplikasi hingga Riwayat Lokasi - dari satu tempat sederhana di pengaturan Sobat. 


#8 PENINGKATAN FUNGSI

Navigasi gerakan

Cara baru untuk bernavigasi di sekitar ponsel Sobat tanpa menggunakan tombol apa pun. Maju ke depan dan ke belakang, tarik ke atas layar Sobat, dan geser ke atas untuk melihat aplikasi yang sedang terbuka. 

Deteksi kontaminasi

Terdapat pendeteksi untuk port USB Sobat jika terkena cairan atau kemasukan benda asing, pemberitahuan akan dikirimkan kepada Sobat dan aksesori tidak akan berfungsi normal.

Pemberitahuan prioritas

Dengan Android 10, Sobat dapat mengatur dan memprioritaskan pemberitahuan dengan mengubah ke "sunyi" atau "peringatan". Notifikasi diam dan pengingat dipisahkan di bilah notifikasi, membuatnya lebih mudah bagi Sobat untuk melihat apa yang perlu perhatian Sobat. 

Kelola notifikasi

Lebih mudah untuk menemukan dan mengelola pengaturan notifikasi langsung dari panel notifikasi. Cukup tarik ke bawah, gulir ke bawah dan ketuk kelola di sudut kiri bawah.

Tema gelap

Sekarang Sobat dapat mengubah tema dan aplikasi pihak pertama menjadi gelap dengan mengaktifkan tema gelap di Pengaturan. Ini mudah di mata, dan membantu menghemat baterai juga.

Android Auto

Android Auto sekarang sudah ada di dalamnya, jadi Sobat cukup mencolokkan handphone Sobat di kendaraan seperti mobil dan mulai menggunakan Android di layar mobil Sobat. Tidak perlu mengunduh aplikasi.

Pembaruan Sistem Dinamis

Fitur ini memungkinkan pengembang untuk memuat gambar sistem yang berbeda pada perangkat mereka untuk pengujian tanpa mempengaruhi citra sistem asli mereka.

Itulah 31 fitur canggih milik android 10. Jangan sampai ketinggalan untuk tidak memiliki android seri Q ini.

Sekian dan WASSALAM...


Sumber: www.android.com/android-10/




No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel