Apa dan Bagaimana Bisa Dapat Uang Dari Adsense

Apa itu Adsense - Sebelum lebih jauh mengulas tentang apa itu Adsense? Admin sedikit bercerita tentang ketertarikan kepada adsense. Pertengahan tahun 2009 mulai tertarik dengan dunia komputer terkhusus internet. Media sosial saat itu belum segeliat sekarang ini, sebelum facebook kala itu sempat tenar friendster, namun tenggelam karena kalah fitur sama facebook. Dan sekarang friendster telah berubah menjadi situs permainan dan musik. Ada juga aplikasia Media sosial lainya seperti Ebbudy, nimbuzz, mig33 dan masih banyak lagi. Aplikasi-aplikasi ini merupakan cikal bakal munculnya kakaotalk, line, wechat dan yang terpopuler whatsapp. 

Pengalaman membuat blog telah dimulai sejak tahun 2009 lalu, hanya saja waktu itu adsesnse belum sehebat sekarang. Admin membuat blog saat itu terinspirasi dari blogger ternama asal Indonesia seperti Joko Susilo dan Anne Ahira. Menurut artikelnya mereka mendapatkan penghasilan jutaan rupiah hanya dari hasil menjual ebook lewat blog mereka. 

Lalu pertengahan tahun 2017, admin bertemu teman lama pemilik blog tipsserbaserbi dan menceritakan fungsi adsense, dari dialah admin tergugah untuk membuka kembai akun blogspot yang sudah lama tidak dibuka. 

Namun keinginan tidak selalu mulus, blog demi blog dibuat, tema demi tema terposting, hanya untuk meluluhkan hati adsense agar segera diterima. Lagi-lagi penolakan demi penolakan diterima, blog terakhir ilinkdotkom diangkat dengan tema seputar informasi dan tutorial komputer, handphone dan internet. Dan diajukan namun tidak ditolak juga tidak diterima hanya diberikan penjelsan agar dilakukan perbaikan, waktu demi di tunggu belum juga ada balasan tim adsense. 

Sempat putus asa, blog dibiarkan begitu saja. Segalanya sia-sia teringat waktu yang telah terbuang percuma bagaimana tidak jam 7 pagi ke kantor hingga jam 8 malam, pulang ke rumah langsung sibuk menulis konten hingga jam 1-2 malam, target sehari harus 3 artikel terposting. 

Pengalaman diatas cukup diketahui saja bahwa menggeluti dunia blogging tidak seenak cerita-cerita sukses blogger lain sudah sukses. Perlu ada kerja keras. 

Kita pending cerita diatas… 

Lanjut ke judul… 

Apa itu Adsense? 

Menurut wikipedia adsense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik. 

Nah, dengan pengertian itu sobat sudah ada bayangan bagaimana adsense memberikan kita penghasilan. 

Sampai saat ini blog yang sudah dibuat sudah lebih dari sepuluh blog yang didaftarkan ke adsense dan alhamdulilah di tolak semua. 

Hingga akhirnya blog yang terakhir diterima. 

Bagaimana Cara Mendapatkan Penghasilan dari Adsense 

Setelah diterima oleh adsense, tugas kita adalah membuat konten menarik agar dikunjungi orang. Semakin banyak pengunjung semakin besar kemungkinan mendapatkan penghasilan. 

Hanya orang berkunjung langsung dapat penghasilan! Kok bisa? 

Begini penjelasannya…pastikan dulu web yang akan kita daftar ke adsense blog atau youtube. 

Kebetulan contoh kali ini adalah blog. 

Blog adalah sebuah web yang memuat sebuah tulisan atau artikel. 

Tema bisa apa saja. Kesehatan, teknologi, pendidikan, dan lain-lain. 

Nah…pada halaman blog terdapat slide-slide yang menu bermacam-macam fungsinya. 

Singkatnya di dalam halaman tersebut sudah tersedia slide untuk tampilan iklan. 

Iklan dari mana? Ya… yang dari adsense tadi. 

Ketika sobat diterima oleh adsense, sobat akan diberikan link iklan untuk ditempel/paste ke dalam blog sobat. Namun dengan materi yang telah ditentukan oleh google. 

Perlu dicatat bahwa tidak semua web dapat diterima google, ada berbagai aturan yang harus sobat pahami sebelum mendaftarkan web sobat. 

Ketika orang berkunjung ke blog sobat untuk membaca artikel yang sudah sobat buat, dan orang itu melihat iklan yang ada dalamnya kemudian ia tertarik untuk membuka iklan itu dengan cara klik. Disitulah pemilik blog akan mendapatkan penghasilannya. 

Bagaimana Bisa Adsense Memberikan Kita Penghasilan 

Bagaimana Bisa Adsense Memberikan Kita Penghasilan. Sudah dijelaskan tadi diatas bahwa Adsense itu milik google. Banyak perusahaan besar baik domestik maupun international mempercayakan google untuk memasang iklan di platformnya yakni adsense. 

Google akan mendapatkan pembayaran dari perusahaan pengiklan, kemudian google membagi pembayaran tersebut kepada member-membernya yang terdaftar di adsense. 

Selanjutnya tugas para member menampilkan iklan tersebut di webnya masing-masing. Baik blog ataupun youtube. Dengan tujuan agar produk perusahaan tersebut bisa dilihat dan dikenal.

Sepeti televisi yang membuatnya hidup adalah iklan. Perusahaan pengiklan akan mencari televisi yang paling banyak ditonton atau digemari oleh masyarakat.

Kurang lebih sama dengan sebuah web.

Namun...

Tugas terberat pertama adalah mendaftar jadi member adsense. 

Tugas terberat kedua adalah bagaimana web sobat di kunjungi atau ditonton orang. Semakin banyak yang berkunjung atau menonton web sobat semakin banyak pula nilai klik yang akan di dapat. 

Tamabahan…nilai klik yang dibayar oleh adsense variatif yang paling besar nilai kliknya adalah tema asuransi. 

Kesimpulan 

Dari uraian diatas disimpulkan untuk dapat memasang iklan di web, wajib terdaftar jadi member adsense. Jika sudah diverifikasi untuk jadi member adsense, sobat akan mendapatkan penghasilan jika iklan terklik dari dalam blognya. 

Awas jika dimanipulasi dengan cara mengklik sendiri iklannya bisa terkena sanksi karena google punya robot khusus pendeteksi klik. 

Penghasilan akan tercatat jika klik iklan yang dihasilkan betul-betul murni dari mesin pencarian (browser) dan share link. 

Lanjut cerita diatas… 

Setelah blog ilinkdotkom terkantung-kantung selama 2 tahun lebih, ada email masuk dengan subjek “Situs Anda kini siap menampilkan iklan di AdSense”. Dengan ucapan syukur Alhamdulillah semua pengorbanan ternyata tidak sia-sia. Ilinkdotkom telah diterima oleh adsense.


Kata teman blogger memiliki akun adsense sama memelihara aset, bisa serupa dengan inverstasi yang kelak bisa diwariskan kepada anak-anak kita. 

Sekian pembahasan mengenai Apa itu adsense dan Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Adsense. Semoga dapat memberikan manfaat. Silahkan tinggalkan komentar dibawah jika ada yang ingin ditanyak. 

Sekian dan WASSALAM…


No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel